Setelah hampir seminggu bertanya dengan omm google, akhirnya terjawab juga macam macam merk lift. Kali ini saya akan menceritakan cerita singkat mengenai latar belakang berdirinya merk2 lift yang sekarang.
Apabila kita membicarakan elevator, maka tidak akan jauh dari Otis. Walaupun elevator sudah ada sejak jaman dahulu, jauh sebelum masanya “Mbah” Otis. Tetapi Otis bisa dibilang dialah yang mempelopori elevator modern sekarang ini.
Elevator jaman dahulu identik dengan kecelakaan dan jatuh. Otis mempromosikan governor ciptaannya dengan cara menaiki elevator buatannya dan memotong talinya sendiri. Dan terbukti hal itu menyelamatkan nyawanya dan meningkatkan penjualannya. Sampai sekarang sistem governor otis masih dipakai.
Kone merupakan perusahaan asal Finland, seperti banyak perusahaan engineering pada saat itu, Kone sempat membuat senjata untuk dipasok saat perang dunia. Setelah perang dunia selesai, Kone mendapatkan banyak “order” untuk memasang elevator (karena pada saat itu banyak gedung2 yang hancur).
Dengan membeli bisnis Westinghouse Elevator Eropa, Kone mulai melebarkan sayapnya dibidang elevator. Seperti hal nya perusahaan asal Finland yang lain, Kone pun fokus pada desain. Kone lah yang pertama kali memasarkan Machine Room Less Elevator.
Schindler merupakan salah satu perusahan elevator asal Jerman. Hampir sama dengan Kone, Schindler juga merasakan dampak dari perang dunia. Merupakan salah satu perusahaan Elevator tertua, Shcindler Elevator banyak me- akusisi perusahaan Elevator lainnya termasuk salah satunya Westinghouse Elevator untuk wilayah Amerika (karena yang Eropa sudah diambil Kone).
Sampai sekarang nama Schindler cukup dipandang dalam dunia elevator.
ThyssenKrupp adalah merger dari 2 konglomerat Jerman. Omm Thyssen dan Tante Krupp. Bermula dari bisnis logam, dan peleburan. Kedua perusahaan itu merger sekitar tahun 2000, tetapi kurang jelas sejak kapan bisnis Elevatornya dibentuk (karena di website nya tidak ditulis). Karena itu bisa dibilang mereka merupakan “pendatang baru” di dunia elevator.
Kira kira begitulah sekilas sejarah mengenai perusahaan elevator dari “Barat”. Untuk selanjutnya kita akan bahas yang dari “Timur” seperti Fujitsu, Mitsubisi, dan tidak lupa Hyundai Elevator. (Sekali lagi maaf buat yang tidak disebutkan).
Titian Pramudya
Mohon maaf saya mau bertanya ,di dalam lift ada yg namanya HFBS ,kepanjangan dari HFBS itu apa ya,,,terima kasih
Mohon maaf bpk/ibu kami selaku forwarder di jakarta pt.duta jaya kusuma atau bisa klik lansung di webset:www.dutajayakusuma.com
barang kali di antara bpk/ibu ada yg mencari jasa forwarder yang murah cepat jangan ragu menghungi kami:
CONTACT:
RIO DINATA HP : 081284893433
Dept. Import whatsapp : 085781385166
================
PT.DUTA JAYA KUSUMA
Jl. Raya utan kayu No 105B.Jakarta timur 13120 INDONESIA
Phone : 021 8591-7819(Hunting)+6221 : 021 8591-7817
Fax : 021 8591-7818
Email : rio.dinataptdjk@gmail.com/dutajayakusuma@asia.com
Web : www.dutajayakusuma.com/ kunjungi blog : www.undernameitbaja.blogspot.com
[…] saat ini belum ada produsen lift yang tertarik dengan sistem ini. Tetapi dengan berjalannya waktu dan perubahan tren, mungkin hal […]
[…] travelator tersebut? Tentu saja selogan the fastest way to the future bukan hanya sekedar tag line perusahaan asal Jerman ini. Travelator tersebut benar benar “cepat” sehingga di klaim bisa mengangkut 14.625 […]
schindler itu bukan dari jerman mas, melainkan swiss (lihat wikipedia)
ok, Terima kasih koreksinya mr Reza
Saya sedang cari vbelt otis ada ga informasinya
[…] oleh salah satu perusahaan lift, selain menjual destination system, mereka juga menjual sistem akses gedung tersebut. Tentunya […]
[…] tahun2006, Hitachi salah satu pembuat lift modern ingin mendesain paternoster modern yang dilengkapi dengan sensor dan alat pengaman (Sampai […]